My Last Anthropology Class

Wah…. finally I found something interesting in my antro class….

Selasa yang lalu gw ikut kelas dan menghasilkan Biological or cognitive imperatives….

Nah di kelas rabu kemaren, ada lagi hal menarik yang gw pelajari….

Kenapa sih kita harus jadi rasis?
Secara (mengutip salah satu tulisan di blog temen gw, ini pemakaian kosakata yang salah…) kita itu dilahirkan dari satu nenek moyang, yang menurut kitab suci adalah Adam dan Hawa…

Nah…pertanyaan muncul kenapa kalo kita satu nenek moyang gitu, keluaran nya bisa jadi beda2 kayak sekarang?
Gini loh…. katanya nih…katanya guru Antro gw itu, sebenarnya semua ras itu sama pada awalnya…

Orang Cina tuh ga semuanya putih dan sipit.
Ada juga yang item2 dan matanya gede….
Tetapi….
dikarenakan adanya adaptasi dengan iklim dan kondisi geografis di masing2 negara, makanya di CIna, yang exist ya ras yang mata sipit dan kulit putih…

Begitu juga dengan orang2 Afrika sono, mereka berkulit gelap karena kondisi iklim disana mengharuskan begitu….
Jadi balik lagi ke inti pertanyaan di atas…
kalo asalnya kita emang satu dan sama kenapa kita harus Rasis?

toh sebenarnya kita sama2 ciptaan Tuhan juga.
Mo item mo putih kita punya hak yang sama….

Nah…trus ada lagi 1 hal yang menarik yang distate oleh bapak dosen itu…
Coba, kalo salah satu dari kalian ditaroh di Gunung Kidul, pasti kalian ga jadi kalian yang seperti ini…ritme hidupnya pasti berubah, karena ga ada tuntutan hidup yang gede…

Itu buat gw mikir..
berarti kalo mo ngubah orang Indonesia, kita harus mindahin mereka (ato kita? karena gw juga orang INdonesia) ke daerah yang ritme hidup penduduknya cepet dan penuh tantangan….

ya mudah2an aja ngepek…
karena orang Kita masih didasari oleh Id nya (kalo di masyarakat luas dikenal dengan istilah ego, yah secara, udah belajar sosiologi)
Bayangin,pas acara HUT jakarta kemaren, berapa banyak duit yang dihabisin buat bikin peralatan pawai…
coba tuh duit dipake buat bikin kanal banjir, kan lumayan…daripada jadi acara ruitn 5 tahuan gitu….

Yah semoga aja pemimpin2 sekarang bakal lebih bijak lah, n ga ngutamain kemauan dan kepentingannya sendiri aja…

Amin……

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s