Virtual Villagers

Ini adalah sebuah nama game yang kalo mo maen ampe selese, kudu manipulasi waktu komputer. Karena game ini adalah game time based, perkembangan permainan berdasarkan jalannya waktu di komputer. Kalo ga di stop, meski ga kita mainin, game ini akan main sendiri secara otomatis. Jadi jangan kaget kalo tiba2 kita masuk lagi, sudah game over.

Inti dari permainan ini membuat kita menjadi “Tuhan” sendiri buat para villager yang ada di game. Dikisahkan, sekelompok orang terdampar di pulau kosong, pintar2nya kita membuat mereka bertahan hidup dan memecahkah puzzle yang ada disana.

Kita bisa ngajarin penduduk tertentu untuk me-master-i 1 bidang pekerjaan tertentu, seperti science, farming, building, healing, bahkan parenting. Kita juga bisa milih mau ‘mengawinkan’ penduduk yang mana dengan yang mana. Kalo 1 wanita sedang mengasuh bayi, mereka ga akan kerja sampe sekitar 2 tahun permainan lamanya.

Saya udah pernah memainkan 2 versi game ini. Virtual Villagers dan Virtual Villagers 3. Dan tidak ada 1 versi yang saya mainkan tanpa ‘curang’ ngeliat contekan2 orang yang sudah menyelesaikan game ini. Entah kenapa kadang banyak hal ga masuk di akal yang harus dilakuin untuk nyelesein game ini. Kok yang sudah nyelesein bisa nemuin cara gitu ya? Ato dari pembuat game sendiri ngasih clue untuk nyelesein game ini.

Game ini merupakan game yang butuh kesabaran untuk nyeleseinnya. Karena kadang, penduduk suka bandel, meski sudah ditugaskan membangun rumah. Dan proses pembangunan rumah juga butuh waktu lumayan lama sampe selese. Gitu juga apa yang Tuhan rasain ke kita kali ya. Kita kan juga suka bandel ga jelas dan ngelawan aturan yang udah Dia tetapin.

Hmmm… bagi yang penasaran bisa coba main sendiri. Tapi saya ga tau dimana bisa dapetin game ini, karena saya juga maen setelah adik saya menemukan game ini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s